Minggu, 21 November 2010

Obesitas dan Usia Pengaruhi Persalinan


Ibu hamil yang memiliki masalah dengan berat badan (obesitas) ataupun telah berusia lanjut memiliki masalah ketika tiba waktunya untuk melahirkan. Demikian hasil penelitian yang dilakukan peneliti dari Bidang Kebidanan Universitas Royal (RCM), seperti dilansir Telegraph, Selasa (16/11).

Dalam penelitian ini ditemukan Ibu hamil yang menderita obesitas mengalami kesulitan ketika melahirkan dan bayi yang dilahirkan biasanya harus mendapatkan perawatan intensif. Sedangkan Ibu hamil yang berumur lanjut akan mengalami kesulitan untuk mengejan saat melahirkan.


Diperlukan bantuan induksi atau operasi caesar untuk seorang ibu yang berumur lanjut saat melahirkan anaknya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi para wanita untuk merencanakan kehamilan mereka sedini mungkin.


"Saat ini banyak wanita yang memutuskan untuk memiliki anak saat mereka telah berusia 40 tahun ke atas. Pada usia tersebut akan banyak terjadi komplikasi dalam proses melahirkan. Harapan terbesar kami adalah menyadarkan para wanita untuk merencanakan kehamilan mereka sedini mungkin," kata General Secretary RCM Cathy Warwick

Aroma Terapi Kurangi Nyeri Jelang Persalinan 

Bagi calon ibu yang sebentar lagi akan menghadapi persalinan, kini telah ditemukan treatment untuk membantu mengurangi rasa sakit saat melahirkan. Terapi ini menawarkan pijat relaksasi menggunakan minyak esensial, yang diyakini dapat menghilangkan mual-mual, nyeri otot, perasaan cemas, serta mengurangi rasa sakit saat bersalin.


Segala terapi dapat Anda nikmati di Rumah Sakit Southmead di Bristol, yang para bidannya telah terlatih dalam hal aromaterapi. Mereka menggunakan tujuh minyak dasar seperti bergamot, clary sage, melati, lavender, peppermint, dupa, dan jeruk bali yang dicampur dengan minyak dasar. Minyak terapi tersebut dapat diterapkan melalui infus inhalasi, merendam kaki, dan mengompres kulit.

"Aku merasa sakit sedikit. Kemudian mereka memberi aroma peppermint yang dapat membantu rasa mual dan mengusir rasa sakit itu pergi," aku Sarah Ludwell, yang baru melahirkan anak pertamanya di Rumah Sakit Southmead. Tapi jangan sembarangan menerapkan terapi ini. Hanya bidan-bidan yang sudah terlatih di North Bristol NHS Trust-lah yang dapat menerapkan aromaterapi melalui pemijatan dan mencampur minyak. Jika teknik ini benar-benar berhasil, terapi serupa bisa diterapkan di negara-negara bagian lainnya. 

Tidak ada komentar: