Minggu, 16 Januari 2011

Panduan Baru untuk Perawatan Stroke

http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2009/09/19/1020255p.jpg
http://www.flucard.blogspot.com
Rekomendasi ini dibuat untuk meningkatkan kualitas hidup pasien stroke, gangguan pasokan darah ke otak yang bisa menimbulkan matinya jaringan otak. Rekomendasi ini berlaku untuk kedua jenis stroke, yakni stroke iskemik dan stroke hemoragik (ada pembuluh arteri otak yang bocor).
Berikut adalah rekomendasi terbaru dari AHA:
- Mengamati besar kecilnya  peluang pemberian obat anti bekuan darah pada pasien stroke iskemik maksimal 60 menit setelah mereka datang ke rumah sakit. Stroke iskemik paling sering disebabkan karena endapan lemak yang mengandung kolesterol lama-lama mengeras dan terbentuk gumpalan darah yang menghambat aliran darah. Obat anti bekuan ini hanya efektif diberikan beberapa jam setelah terjadinya serangan stroke.
- Mencari tahu waktu sejak pasien tiba di rumah sakit hingga pemberian terapi untuk memperbaiki pembuluh darah pasien yang mengalami pecahnya aneurisma, yaitu menggelembungnya arteri pada bagian dinding arteri yang lemah. Lambat laun dinding itu menipis sehingga mudah pecah.
- Pengawasan intensif selama 90 hari pada pasien stroke iskemik untuk mengetahui hasil intervensi yang diberikan.
Dengan panduan terbaru ini diharapkan besarnya kerusakan pada otak bisa dikurangi seminimal mungkin. Stroke adalah penyakit yang sangat serius dan membutuhkan perhatian medis sesegera mungkin.

http://www.flucard.blogspot.com

Tidak ada komentar: