Senin, 17 Januari 2011

Penyakit Sarcoidosis

http://www.dwp.gov.uk/img/sarcoidosis2.jpg
http://www.flucard.blogspot.com

Sarcoidosis adalah penyakit yang melibatkan terjadinya peradangan & pembentukan granulomas (kumpulan kecil sel yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh) yang dapat ditemui di seluruh bagian tubuh, terutama di daerah paru-paru, mata, kulit & kelenjar getah bening. Sarcoidosis dipercaya disebabkan oleh kelainan fungsi sistem kekebalan tubuh & jangka waktu berlangsungnya penyakit tersebut dapat berbeda bagi tiap orang.

Beberapa orang dapat memiliki gejala yang ringan & berlangsung dalam waktu yang singkat, sedangkan sebagian lainnya dapat memiliki gejala selumur hidupnya. Sarcoidosis sendiri dapat menyebabkan gejala yang terlihat umum, seperti rasa letih, kehilangan berat badan & demam. Selain itu sarcoidosis juga dapat menyebabkan gejala yang berhubungan dengan organ yang terlibat, seperti kebutaan, nafas pendek, sakit pada dada, rasa sakit di kulit, masalah pada hati dll.

Lebih dari 1/2 orang yang didiagnosa menderita sarcoidosis akan mengalami ulangan penyakit tersebut dalam waktu kurang dari 3 tahun, sedangkan 2/3 lainnya akan mendapatkannya dalam jangka waktu 10 tahun.

1/3 dari pasien yang menderita sarcoidosis biasanya akan mengalami kerusakan organ tubuh. Dan untuk kasus tertentu, meskipun jarang, sarcoidosis dapat menyebabkan terjadinya kematian. Hal ini biasanya diakibatkan adanya komplikasi dari paru-paru, jantung & otak. Terapi yang dilakukan untuk sarcoidosis, biasanya tergantung dari komplikasi yang ada. Beberapa ada yang tidak membutuhkan perawatan sama sekali, sedangkan yang lainnya dapat memerlukan terapi anti radang, obat pengatur kekebalan tubuh atau bahkan operasi transplantasi.

http://www.flucard.blogspot.com

Tidak ada komentar: