Minggu, 26 Desember 2010

Mandi Air PK Saat Hamil ( tanya - jawab )

Aku lagi hamil dan badanku gatal-gatal, kalau aku mandi dengan air PK ada bahayanya tidak?

mandi dan hamil
http://www.flucard.blogspot.com

Tanya:
Aku sedang hamil 24 minggu, dari sejak ketahuan hamil badanku gatal-gatal saja, seperti kena penyakit kulit, di ketiak dan di leher belakang. Aku sudah pakaikan salep (canesten/daktarin), yang di ketiak tidak gatal lagi sekarang, tapi yang di leher itu gatalnya ampun-ampunan. Kalau aku mandi pakai air PK ada bahayanya tidak untuk ibu hamil [Er]

Jawab:
Mungkin bisa dicoba mandi pakai air sirih. Daun Sirih beberapa lembar (10-20 lbr) direbus, kemudian air rebusannya dipakai mandi. Kalau mau pakai obat-obatan sebaiknya konsultasi dulu dengan dokternya. Cepat sembuh ya [Arn]

Betul kata Arn. Kalau mau pakai obat-obatan harus konsultasi dulu, jangan sembarangan. Waktu hamil kemarin ini, aku pernah keputihan, dan sama dokter disuruh rendaman pakai air PK, tapi tidak boleh sampai ungu, cukup warnanya pink muda saja. Lebih baik pakai air sirih. Namanya hamil, mungkin gatal-gatal itu karena perubahan hormon saja. Oya jangan digaruk-garuk ya nanti jadi baret. Aku juga waktu hamil sempat gatal-gatal di paha, kalau sudah tidak tahan aku kasih minyak tawon saja, kadang disemprot genie. Kadang sempat kelepasan garuk juga, alhasil pahaku baret-baret, padahal kalau perut aku bisa menahan hasrat untuk tidak garuk [DH]

Mbak, air PK aman kok, cuma buat mandi, kan tidak ditelan. Anak saya beberapa waktu yang lalu bentol-bentol alergi kemungkinan gatal (belum bisa menggaruk kasian ya), waktu ke dokter kulit dokternya bilang PKnya malah harus distop (sebelumnya saya selalu mandikan anak saya pakai air PK mbak!) alasannya `karena tidak ada infeksi’. Jadilah anak saya mandi dengan air hangat biasa. Tapi kalau ibu hamil gatal-gatal bawaan bukan ya? [Nns]

Kalau tidak salah di dalam brosur/leafletnya daktarin, ada informasi yang mengatakan (kurang lebih ya, lupa persisnya) hati-hati untuk wanita hamil & menyusui karena akan terabsopsi,  Aku tidak tahu salep-salep tersebut ada pengaruhnya ke janin atau tidak, tapi kalau sudah ada di brosurnya sepertinya harus hati-hati ya. Lebih baik di cek ke dsog dulu mbak, biar lebih pasti [Rsn]

Air PK maksudnya air ungu itu ya? isinya Kalium Permanganat. Coba saja kalau ada Oatmeal Bath, lebih bagus. Terutama buat mengatasi gatal-gatalnya, dan oatmeal ini membantu melapisi kulit, jadi tidak lecet-lecet. Moga-moga ada ya di sana, Di sini ada merk Aveeno. Cuma mahal, jadi aku biasanya beli yang generik saja (merk toko)[Nq]

Aku lihat di leaflet Daktarin :
Peringatan dan perhatian Kehamilan dan laktasi. Pada pemberian  topikal hanya sejumlah kecil di absorpsi namun hati-hati penggunaan pada wanita hamil. Mudah-mudahan info secuil ini bermanfaat [Rsn]

Kalau ibu hamil mengalami gatal-gatal, harus cepat cek ke dokter kandungan. Jangan coba-coba obat. Aku sendiri dulu juga gatal-gatal waktu hamil. Dan gatal-gatalnya baru hilang sebulan setelah kelahiran. Padahal aku sudah ke dokter, baik dsog maupun dokter alergi. Untungnya aku tidak ada kelainan apa-apa. Baru setelah melahirkan aku tahu kalau gatal-gatal saat kehamilan itu harus benar-benar diperhatikan, takutnya ada komplikasi penyakit lain. Mulai dari hepatitis sampai kelainan darah [Snt]

http://www.flucard.blogspot.com

Tidak ada komentar: