Minggu, 28 November 2010

Bakteri E.Coli Bisa Jadi Antibiotik

img
Bakteri E.Coli

Antibiotik biasanya digunakan untuk melawan serangan bakteri termasuk bakteri Escherichia coli atau E.coli. Tapi sebuah studi untuk pertama kalinya justru menggunakan E.coli sebagai bahan pembuat antibiotik.

Peneliti dari Tufts University School of Engineering untuk pertama kalinya berhasil membuat antibiotik erythromycin A dan dua variasi antibiotik dengan sumber bakteri E.coli.

Menjadikan E.coli sebagai bahan sumber antibiotik menawarkan cara dengan biaya yang lebih efektif untuk membuat erythromycin A dan obat baru yang akan memerangi kejadian pertumbuhan patogen resisten (kebal) antibiotik.

Sama pentingnya, teknik produksi platform E.coli ini menawarkan banyak kesempatan bagi generasi mendatang dan produk alam lainnya dengan jalur biosintesis kompleks.

"Kami sekarang telah bisa menciptakan E.coli sebagai pilihan yang layak untuk memproduksi eritromisin A dan platform yang diarahkan produksi analog eritromisin," kata pemimpin peneliti Blaine Pfeifer, Ph.D., asisten profesor teknik kimia dan biologi di Tufts, Massachusetts, dilansir Medindia.

Eritromisin A adalah senjata ampuh dalam pengobatan infeksi bakteri. Bakteri Saccharopolyspora erythraea yang ditemukan di dalam tanah, secara alami menghasilkan beberapa varian eritromisin.

Tapi karena banyaknya tantangan yang berkaitan dengan teknik menggunakan Saccharopolyspora erythraea, peneliti berharap untuk mencapai produksi lengkap eritromisin A menggunakan E.coli.

Hasil temuan yang telah dipublikasikan dalam laporan Chemistry and Biology edisi 24 November 2010.

http://www.flucard.blogspot.com

Tidak ada komentar: