Sabtu, 27 November 2010

Pasien Stroke Pertama yang Disuntik Dengan Sel Batang

http://www.healthjackal.com/wp-content/uploads/2010/11/stem-cell-stroke-injection-300x202.jpg

Seorang pasien tua di Skotlandia diyakini menjadi orang pertama di dunia yang mendapatkan suntikan sel batang ke otak dalam rangka untuk mengobati stroke.
Pria itu adalah orang pertama yang menerima perawatan sebagai bagian dari percobaan klinis di Southern General Hospital di Glasgow. Dia diberi dosis rendah selama akhir pekan dan telah dilakukan sejak keluar dari rumah sakit. Dokter mengatakan dia baik-baik saja, BBC News melaporkan.
Ditahun berikutnya, ada sebanyak 12 pasien yang akan menerima dosis sel punca yang lebih tinggi. Tujuan utama dari Penelitian ini adalah untuk menilai keselamatan, tetapi dokter juga akan memeriksa apakah sel-sel batang sudah mulai memperbaiki kerusakan stroke dan apakah pasien telah menunjukkan kemajuan.
Jika percobaan ini berjalan dengan baik, hal itu akan mengarah ke penelitian lebih lanjut.
"Kami berharap bahwa di masa depan akan mengarah pada penelitian yang lebih besar untuk menentukan efektivitas sel batang pada kelumpuhan yang disebabkan oleh stroke," kata Profesor Keith Muir, neuroscientist di Glasgow University dan konsultan neurologist di Southern General Hospital, BBC News melaporkan.  
MedicalNews

Tidak ada komentar: