Rabu, 03 November 2010

Mengenal Tempat Wisata di Batam

Pontensi wisata bahari Kepulauan Riau sangat menakjubkanya. Jika digali, tentu akan menarik wisatawan yang haus wisata. Misalnya, Pulau Batam. Kawasan ini menjadi salah satu tujuan wisata di Indonesia. Ini bisa dilihat dari kunjungan wisman yang datang. Setelah Bali, Batam yang menjadi sasaran pelancong.
Berbagai tempat wisata yang sangat menarik bisa dikunjungi selama berada di pulau Batam. Mulai dari wisata bangunan peninggalan sejarah, wisata alam serta pulau-pulau pesisir, serta wisata buatan. Pulau Batam yang berada di daerah Kepri banyak menyimpan daerah yang eksotis dan indah untuk dikunjungi oleh wisatawan local maupun mancanegra.
Banyak pilihan daerah wisata di Batam. Ini salah satu contoh wisata pesisir, Pantai Melayu, pantai ini paling banyak dikujungi wisatawan lokal, tapi wisatawan dari mancanegara masih sedikit. Ini yang perlu dikembangkan lebih maksimal, supaya menarik perhatian para pelancong dari mancanegara.
Pantai Melayu
Pinggiran Pantai Melayu ini tempat anak-anak bermain bola dan layang-layangan, pengunjung pun asyik melihat iringan bola dan ikutan bermain bersama anak-anakitu. Pantai yang landai dengan ombak yang cukup besar manjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung keluarga. Yang ingin bersantai-santai di pepohonan rindang disekitar Pantai Melayu tempat yang asyik berlindung dari sengatan matahari sambil menikmati semiliran angin dan melihat pemandangan lepas pantai. Masih banyak tempat wisata pesisir lainnya menjadi daya tarik dikunjungi. Mulai dari Pantai Melur, Pantai Marina, Pantai Nongsa, Pantai Seikilak, Pantai Setokok dan lain-lainya berpontesial yang perlu digali.
Wisata bahari Pulau Petong ini bisa menjadi pilihan tempat wisata. Mungkin sebagian orang belum pernah mendengar Pulau Petong ini. Pulau Petong ini terletak sebelah selatan Pulau Batam. Palau Petong ini sangat berpotensi menjadi wisata bahari, pemandangan disana membuat mata kita betah melihat pantai pasir putih yang indah.
Pulau Petong
Pulau Petong ini tempat yang cocok bagi penyelam, bagi yang hobi memancing pun bisa menikmati di sekitar Pulau Petong. Keindahan Pulau Petong ini belum terjamah oleh tangan-tangan jahil ini, ternyata di sana ditumbuhui tanaman laut seperti lamun dan sejenisnya. Banyak ikan hias laut yang mudah terlihat di dasar perairan yang terumbu karangnya yang masih alami.
Pulau Petong ini mempunyai potensi kelautan dan perikanan yang perlu digali, dan diharapkan kepada Pemerintah Kota Batam dan masyarakat bisa mengelolah wilayah terumbu karang yang ada disekitar Pulau Petong menjadi daerah atau peket wisata baru di Batam. Yang terpenting menciptakan fasilitas infrastuktur dermaga pelabuhan yang memadai untuk mempermudah pelancong datang ke Pulau Petong.
Hanya menggunakan perahu mesin, dari Pulau Galang Baru, wisatawan bisa berkunjung ke Pulau Petong. Pada saat menuju pulau akan melintasi Selat Dempo dan Pulau Abang Besar. Di Pulau Abang Besar sangat berpontensail sama keindahan dengan Pulau Petong, namun Pulau Abang Besar ini terlihat lebih luas di bandingkan dengan Pulau Petong.Masih banyak wisata bahari lainya yang berpotensial, misalnya di Pulau Batubelobang, Pulau Sembur dan Paulau Tanjung Dahan yang takala indanya dengan Pulau Petong.
Bagi yang menentukan pilhan ke tempat wisata sejarah, Viatnamese Refugees Camp ini bisa jadi pilihan, tempat Wisata ini terletak di Pulau Galang. tempat Wisata ini bekas pinggalan para pengungsi warga Vietnam yang terdampar.
Viatnamese Camp


















Viatnamese Camp merupakan peninggalan “kampung lama” dan disana bisa melihat kehindahan pohon yang rindang, dan banyak menyimpan nilai sejarah kemanusian dan cerita tentang betapa sulitnya para pengungsi Vietnam sampai ke Pulau Galang. Disana pun ada beberapa peninggalan para pengungsi yang masih bisa disaksikan, seperti bangkai perahu, barak-barak untuk camp pengungsi, tempat ibadah (masjid, gereja, vihara dan pagoda), rumah sakit, rumah tahan, pondok karang taruna bahkan ada ladang-ladang yang pernah ditanami para pengungsi.
Wisata Alam, untuk wisata yang satu ini yang harus terapkan, karena potensi alam merupakan faktor pendukung yang cukup penting dalam keberhasilan wisata alam. Perlunya ada penghijauan di sepanjang jalan, memperbanyak taman kota atau merubah fungsi seperti danua-danau yang di Batam sebagai tempat Wisata Alam. Di Batam sudah ada beberapa titik penghijauan dan taman-taman kota, ini menunjukan Pemerintah Kota Batam sudah peduli terhadap lingkungan alam sekitarnya.
Jembatan Barelang
Banyak yang bisa Kita bisa ambil contoh, seperti Kota Bandung, Bogor dan kota Malang yang masih tetap terlihat asri. Diharap Batam menjadi kota asri yang alami dan menjadi wisata alam. Tetapi masih ada beberapa jalan di sepanjang jalan Kota Batam yang masih kurang lebar dan terasa sempit. Misalnya jalan menuju arah Nongsa. Padahal jalan-jalan di dalam Kota Batam bisa kita dinikmati saat diperjalanan sambil melihat pemandangan hutan yang hijau.
Berharap ada kemudahan akses dan infrastukur yang memadai bagi wisatawan mengunjungi tempat wisata baru yang belum disinggahi. Apabila sarat trasportasi atau fasilitas wisata yang belum maksimal, bisa jadi menghilangkan selera pengunjung bertandang ketempat wisata.
Banyak yang bisa di kita gali dalam sektor pariwisata disekitar Kota Batam, pesisir pantai, pulau dan lautan sekitarnya. Dengan potensi yang dimiliki, Batam pasti akan menjadi sebuah pulau wisata yang menarik. Pantainya memiliki keunikan dengan banyaknya batu-batuan besar yang ada. Airnya juga relatif bersih sehingga bila dilengkapi dengan tempat penginapan akan menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara.
Mulailah Batam sebagai daerah tujuan wisata andalan di Indonesia. Tidak hanya Bali atau Jogja. Apalagi Batam banyak menyimpan potensi wisata yang bisa andalkan. Ini sangat membantu pembangunan perekonomian Kota Batam.
Sudah saatnya Pemerintah Kota Batam bersama DPRD setempat perlu membuat konsep baru yang jelas mengenai pembangunan kawasan wisata di Batam. Untuk mempercepat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat setempat, sektor pariwisata perlu mendapat prioritas untuk dikembangkan menjadi daerah wisata dengan menjaga keaslian alamnya, sehingga bila ingin menarik wisatawan ke Batam.
Agar Batam menjadi andalan daerah wisata yang bisa terwujud, adanya dukungan penuh oleh kalangan masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian alam, dari pihak Pemerintah pun harus membuat peraturan umum tata ruang agar wilayah Batam benar-benar menjadi daerah tujuan wisata yang menarik.
Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki keanekaragaman tempat wisata yang dapat dibanggakan dan diandalkan dan setiap daerah pun juga beragam tempat wisata yang dapat diandalkan, misalnya seperti wisata pesisir Pantai Kuta di Bali yang populer sampai ke Internasional.
Tapi, sampai saat ini Batam belum memiliki tempat wisata yang khas dan belum dimiliki daerah lain, yang bisa menberikan konstribusi yang menunjang sektor pariwisata di Batam dan bisa menjadikan maskot kedua jadi kebanggaan warga Batam, kenapa tidak ada dua maskot di batam selain Jembatan Tengku Fisabilillah atau lebih populer dengan sebutan jembatan Barelang, kependekan dari Batam-Rempang-Galang. Berharap pemerintah mendukung dan mempromosikan tujuan wisata yang berpotensial.
Berita-berita tentang daerah wisata di Batam saat ini masih kurang. Apalagi di Batam saat ini sudah mencanangkan Batam Visit 2010 mengunsung konsep wisata baru di Indonesia. 
Sumber : http://www.riduanrambe.com

Tidak ada komentar: