Senin, 15 November 2010

Fakta Tentang Menyusui Dengan Botol

Pilihan untuk Botol Bayi

Jika Anda memilih untuk
menggunakan botol bayi kaca atau plastik? Bayi Anda dapat memberikan petunjuk yang paling disukainya. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan: botol plastik lebih ringan daripada kaca dan mudah pecah. Tetapi beberapa orang tua mungkin ingin menghindari bahan kimia yang disebut bisphenol A (BPA) yang digunakan dalam beberapa botol plastik. Jika demikian, carilah botol plastik yang bebas "BPA".

Dot Botol Bayi

Kebanyakan
dot terbuat dari silikon atau lateks dan muncul dalam berbagai bentuk. Mereka kadang-kadang memiliki "tingkat aliran" berbeda yang sesuai dengan ukuran lubang dot itu. Anda mungkin ingin mencoba beberapa jenis dot untuk melihat yang mana yang paling disukainya. Periksa dot secara teratur untuk melihat adanya tanda-tanda aus atau retak, dan menggantikannya setiap kali rusak atau berubah warna, karena mereka dapat menimbulkan risiko tersedak.

Mensterilkan Botol Sebelum Pertama Kali Digunakan

Sebelum menggunakan botol bayi atau
dot susu untuk pertama kalinya, mensterilkan mereka kedalam air mendidih selama 5 menit. Setelah itu, Anda bisa mencuci botol dan dot dengan deterjen dan air panas - dengan tangan atau mesin cuci piring - setiap kali sesudah digunakan untuk memberi makan bayi Anda.

Tetap Pada ASI atau Formula

Berikan bayi
Anda susu hanya dari ASI yang dipompa atau susu formula kedalam botol - Jangan air atau jus. Campur susu formula persis seperti yang tercantum pada labelnya. Menambahkan air terlalu banyak dapat menipiskan formula, mengurangi gizi. Terlalu sedikit air mungkin keras untuk perut dan ginjal bayi Anda.

Memilih Susu Formula

Kebanyakan orangtua mulai dengan
susu formula yang terbuat dari susu sapi. kedelai dan formula hypoallergenic juga tersedia. Jika bayi Anda berusia kurang dari 1 tahun, pastikan bahwa Anda menggunakan formula yang diperkaya dengan zat besi. Anda dapat membeli formula jenis bubuk, terkonsentrasi, atau bentuk siap digunakan. Rata-rata, bayi Anda seharusnya memakan sekitar 2,5 oz. susu formula setiap hari untuk setiap pon dari beratnya.

Memanaskan Susu Formula   

Tidak apa-apa
jika memberikan bayi Anda botol susu dingin dengan suhu ruangan. Jika dia lebih suka yang hangat, tempat botol kedalam air hangat atau menyiram dengan air panas keran di atas botol selama satu sampai dua menit. Jangan meletakkan botol di microwave, melainkan dapat membuat titik panas yang dapat membakar mulut bayi Anda. Kocok dan coba tetaskan ke atas telapak tangan Anda untuk menguji suhu. Jangan mengujinya di pergelangan tangan Anda, itu kurang sensitif terhadap panas.

Bagaimana Menggendong Bayi

Letakkan alas dada pada bayi dan
dengan kain yang disiapkan untuk membersihkan susu atau formula yang diludahkannya. Sekarang, buaikan bayi Anda dengan kepala sedikit lebih tinggi daripada bagian tubuhnya. Pegang botol, jangan sampai tertumpah. Hal ini dapat membantu mencegahnya dari tersedak, gas tambahan, kerusakan gigi, dan menyediakan waktu ikatan. Hal ini juga akan membantu Anda menilai dengan lebih baik kapan dia selesai makan. Jika bayi Anda memperlambat makan nya, coba membuatnya bersendawa setelah setiap menghabisi oz 2.


Bagaimana Anda Tahu Kapan Bayi Selesai?

Bayi akan memberitahu
kan Anda saat dia selesai makan. Dia mungkin berhenti mengisap, berpaling dari botol, atau, jika dia cukup dewasa, di akan mendorong botol menjauh. Anda mungkin ingin memberikannya kesempatan untuk berubah pikiran, tapi jangan memaksanya untuk menyelesaikan apa yang ada di botol.

Bagaimana Membuat Bayi Anda Bersendawa

Jika bayi Anda membutuhkan
nya untuk bersendawa, selama atau setelah makan, dengan memeluknya di pangkuan Anda atau mengistirahatkannya di bahu Anda. Dengan lembut menepuk-nepuknya atau menggosok dibagian punggunnya. Anda juga dapat meletakkan bayi dengan perut menghadap kebawah di pangkuan Anda, dukung kepalanya, sambil menepuk punggungnya. Bayi Anda mungkin akan meludahkan susu sedikit, maka alaskan kain di bahu atau pakuan Anda. Jika dia tidak bersendawa setelah beberapa menit, tapi sepertinya dia nyaman, jangan khawatir. Tidak semua bayi bersendawa setiap setelah makan.

Berapa Lama Anda Boleh Menyimpan Susu?

Susu formula yang tersisa dalam botol harus dibuang. Segera mendinginkan paket formula cair yang telah terbuka dan dicampur formula ekstra untuk digunakan dalam 48 jam. Jika meninggalkannya lebih dari dua jam, buang saja. Jangan mencampur susu formula banyak-banyak. Buatlah yang diperlukan saja. Dinginkan ASI untuk digunakan dalam waktu 24 jam. Atau dibekukan. Hal ini dapat bertahan sampai empat bulan dalam kulkas standar, atau sampai dengan enam hingga 12 bulan di pembekuan tinggi mulai dari 0 derajat atau lebih dingin. 

Tidak ada komentar: