Minggu, 14 November 2010

Memahami Kesuburan dan Ovulasi




Memahami Siklus Bulanan Anda

Tahap pertama dimulai dengan hari pertama
haid Anda. Tubuh Anda melepaskan hormon yang menstimulasi telur untuk tumbuh dalam kantung didalam indung telur Anda. Antara hari ke 7 dan 11, hormon itu juga membantu mempertebal lapisan rahim Anda agar siap untuk menanam telur yang dibuahi.



Apa Yang Terjadi Selama Ovulasi

Sebagian besar perempuan memiliki siklus antara
sepanjang 26 dan 30 hari. Rata-rata, jika terjadi ovulasi maka sehingga antara 11 dan 21 hari setelah haid terakhir, walaupun dapat berbeda bagi setiap wanita. Hormon otak yang disebut Luteinizing Hormone (LH), memicu dilepasnya telur yang paling matang. Pada saat yang sama, Lendir cervical Anda berubah menjadi licin, konsistensi putih telur, untuk membantu memberi jalan sperma menuju ke telur.



Semuanya Dalam Tempo

Perempuan
terlahir dengan sekitar 1 juta telur, tetapi hanya 300-400 akan dilepas melalui ovulasi. Biasanya hanya satu telur yang dilepaskan setiap bulannya. Telur melakukan perjalanan menuruni tabung pembuluh telur ke kandungan rahim, dimana ia siap untuk dibuahi. Telur hanya hidup sekitar 12 hingga 24 jam. Sperma dapat hidup sekitar 3 sampai 5 hari, Jadi segeralah mengetahui ovulasi Anda karena dapat membantu Anda dan pasangan Anda untuk merencanakan hubungan ketika Anda kemungkinan besar ingin hamil.



Melacak Hari Tersubur Anda 

Secara umum, sebagian besar perempuan
akan subur pada hari sebelum dan selama ovulasi. Jika Anda memiliki siklus regular 28 hari, hitung mundur 14 hari saat Anda mulai mengharapkan haid Anda periode berikutnya. Memiliki rencana hubungan seks setiap hari di sekitar hari itu – katakan saja hari 12, 14, dan 16 (melakukan hubungan seks setiap hari dapat menurunkan jumlah sperma laki-laki). siklus Anda mungkin lebih lama atau singkat, maka dengan ini menggunakan ovulasi kalkulator online dapat membantu mengidentifikasi kemungkinan harinya.



Melacak Ovulasi Dengan Suhu

Setelah telur dilepaskan, apa
yang tersisa dari kantong - corpus luteum - melepaskan hormon progesterone untuk membantu menebalkan lapisan kandungan dan mempertahankan kehamilan. Progesterone menyebabkan suhu tubuh Anda naik sedikit. mengukur suhu Anda setiap pagi dengan termometer (sekitar $ 10 di Apotik) sebelum beranjak dari tempat tidur adalah salah satu cara untuk melacak ovulasi. Tidak mahal, tetapi tidak seakurat metode lainnya.

 



Melacak Ovulasi Dengan Hormon

Gelora dalam LH adalah apa yang memicu telur untuk dilepaskan dari ovaries. Jika Anda tahu kapan Anda ovulasi, gunakan ovulation kit (sekitar $ 20 - $ 50) untuk memeriksa tingkat LH di air seni dapat membantu menentukan hari ovulasi Anda. Kit ini lebih mahal dari termometer basal tetapi timing waktunya lebih akurat dan mungkin juga lebih nyaman.



Tahap Akhir Siklus Bulanan Anda 

Lapisan uterus Anda mulai menebal dan siap untuk dibuahi. Jika telur tidak dibuahi, ia menjadi hancur dan sekitar 12 sampai 16 hari kemudian, ia - bersama dengan darah dan jaringan dari lapisan kandungan - dikeluarkan. Proses ini, yang biasanya berlangsung 3 sampai 7 hari, adalah haid. Kemudian siklus dimulai kembali.



Makanan Yang Mendorong Ovulasi

Pilih
lemak monounsaturated (seperti minyak zaitun) melalui trans Fats (mereka adalah makanan cepat saji dan makanan yang dipanggang); protein nabati (kedelai) diseluruh daging merah, dan serat tinggi, makanan rendah glycemicbutiran utuh, sayur-mayur, dan beberapa buah -- - carbs dan gula yang halus. Ice cream lovers harus diperhatikan: jumlah moderat dari lemak tinggi-produk susu berlemak (es krim, susu dan keju) dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita.

Berat
Mempengaruhi Kesuburan  
 
Menjadi kegemukan atau
kekurusan dapat membuat sulit untuk hamil. Sebuah studi terhadap perempuan menemukan bahwa mereka yang indeks massa tubuh (BMI) nya diatas normal perlu dua kali lebih untuk hamil dibanding BMI mereka yang normal. Pada laki-laki, bagi mereka yang gendut cenderung memiliki testosterone yang rendah. Menurut seorang peneliti di National Institutes of Health, kenaikan sekitar 15 kilo dapat dapat mendorong kesempatan pembuahan hingga 10%.



Umur Mempengaruhi Kesempatan Hamil Anda

Penurunan kesuburan seorang perempuan dimulai sekitar usia 30. Para ahli mengatakan bahwa seorang perempuan harus membicarakan dengan dokternya jika usianya di bawah 35 dan telah mencoba dan berusaha untuk hamil lebih dari 12 bulan, atau lebih dari 35 dan telah mencoba untuk hamil lebih dari 6 bulan. Tes hormon FSH dapat mengevaluasi cadangan ovarian atau penyaluran telur Anda, yang mana merupakan salah satu indikator potensi untuk hamil. Tes ini tersedia dalam bentuk over-the-counter atau dari dokter.



Kesuburan Menurun Dalam Pria Usia Tua, Juga

Studi menunjukkan bahwa
jumlah sperma dan motility (pergerakan) biasanya menurun sebagai laki-laki menua. Satu studi menemukan bahwa laki-laki yang berusia di atas 45 memerlukan waktu lebih lama untuk mencapai kehamilan setelah pasangan ini mulai mencoba untuk hamil. Jika pasangan Anda lebih tua, Anda mungkin perlu berbicara dengan dokter tentang cara-cara untuk meningkatkan kemungkinan konsepsi.



Bagaimana Pria Dapat Mendorong Kesuburan

Mengelola stres, menghindari alkohol dan tembakau, menjaga berat badan yang baik, dan makan makanan yang tinggi
zat seng (ditemukan dalam daging, biji-bijian utuh, hasil laut, dan telur), selenium (daging, seafood, jamur, sereal, dan kacang-kacangan Brasil) dan vitamin E dapat meningkatkan kesuburan laki-laki. Sehingga dapat mempertahankan pendinginan testikel - jangan mandi air panas terlalu lama, hot tubs, atau sauna, yang dapat menurunkan jumlah sperma.



Pengobatan Untuk Kemandulan

Sejumlah faktor dapat menyebabkan
ketidaksuburan, maka langkah pertama adalah untuk dokter mengevaluasi Anda dan pasangan Anda. Kemandulan dapat mencakup perawatan dengan mengambil obat kesuburan untuk merangsang ovulasi dalam vitro pembuahan, yang mana melibatkan mengeluarkan telur dari ovaries, menyuburkan mereka, dan kemudian menanam mereka kembali ke dalam rahim.



Bagaimana Tes Kehamilan Dirumah Berfungsi

Tes kehamilan yang dirumah memeriksa air seni Anda untuk " hormon kehamilan," disebut hCG, yang tubuh Anda hasilkan sewaktu implan telur yang subur untuk dibuahi didalam kandungan. Biasanya tes kehamilan yang ada dirumah dapat memberitahukan apakah Anda hamil seawal 5 hari sebelum kehilangan haid pertama Anda. Anda juga bisa memperoleh tes negatif (palsu) jika Anda melakukan tes terlalu cepat, maka dengan ini mengulang tes kembali beberapa hari atau seminggu kemudian. Dokter dapat memberikan hasil yang lebih akurat melalui tes darah.



5 Tanda-Tanda Awal

· Anda terlambat haid.
· Anda perlu sering kencing.
· Anda mudah lelah.
· Anda mual di pagi hari - atau sepanjang hari.
· Payudara Anda menjadi sakit dan membesar.

Tidak ada komentar: