Minggu, 07 November 2010

Teknologi Intel

Listrik tanpa kabel, Anda pasti bertanya, manamungkin? 

Bagi orang yang melihat demonstrasi pertama dari teknologi WREL, reaksinya sama seperti saat diperkenalkanya WLAN. Anda tentu masih ingat, bagaimana terkoneksi ke Internet tanpa kabel. Awalnya, banyak orang yang heran bawha internet dapat di akses tanpa kabel. Orang tergerak untuk memutuskan koneksi secara manual dan kaget bahwa semuanya masih berjalan. Selanjutnya teknologi tersebut biasa aja.

Dalam waktu yang tidak lama, kabel listrik bakal menghilang. Para peneliti telah berhasil untuk mendristribusikan lstrik tanpa kabel. Bagaimana cara kerja teknologi baru ini dan kapan menjadi kenyataan? semuanya diulas disini.


Teknologi WREL (Wireless Resonant Energy Link) dapat memancarkan listrik kesebuah perangkat pengguna tanpa kabel. Untuk itu, listrik dikirim kesebuah titik output dalam sebuah lilitan kabel dan medan magnet yang dihasilkan oleh koil pemancar kemudian ditetapkan dalam frekuensi tertentu. Koil penerima WRES. selanjutnya menangkap listrik menangkap listrik dari udara dalam jarak tertentu pada frekuensi yang sama dan dikirim juga melalui lilitan kabel ke perangkat elektronik.


Prinsip dasar transver dasar listrik nirkabel ini dengan teknologi WREL, ini berhubungan dengan fenomena resonasi. Sebuah receiver WREL dapat menangkap energi dari sebuah medan magnet dengan bantuan koil, bila dipancarkan denga frekuensi yang sama dari sebuah transmitter melalui koil. Agar Impedansinya optimal, digunakan gulungan kabel pada kedua sisinya. Disini gulungan kabel berfungsi sama halnya pada gigi transmisi sepeda. Saat menajak gigi transmisi diturunkan agar dapat memanfaatkan energi dengan secara lebih secara efisien. sebaliknya, saat turun digunakan gigi transmisi yang tinggi. Reseiver juga menentukan sendiri besar arus dan tegangan yang dipergunakan sesuai dengan ukurannya, jadi tidak perlu lagi repot dengan adaptor. Selain itu, transmiter WREL hanya memancarkan energi sebanyak yang diperlukan oleh reseiver saja.

Tidak ada komentar: