Rabu, 26 Januari 2011

Fujitsu: 2011, Era Komputasi Awan Dimulai

http://www.flucard.blogspot.com

Fujitsu akan menjadikan komputasi awan (cloud computing) sebagai landasan strategi bisnisnya mulai tahun 2011. Penyedia layanan ICT itu serius membidik pendapatan sebesar US$17 miliar (setara Rp153 triliun) sampai Maret 2016 dari seluruh bisnis komputasi awan secara global.

Untuk mencapai target tersebut, Fujitsu siap menginvestasikan US$1,1 miliar (setara Rp 10 triliun) di berbagai bidang bisnis terkait komputasi awan dan melatih hingga 5.000 spesialis hingga tahun 2012.

"Nilai pendapatan sebesar itu bisa datang dari jasa konsultasi dan pengadaan layanan-layanan awan bernilai tambah tinggi pada para pelanggan," kata Achmad S Sofwan, Presiden Direktur Fujitsu Indonesia di sela Fujitsu Media Gathering 2011 di Bali, Selasa 25 Januari 2011.

Sebagai informasi, cloud computing adalah solusi ICT (information & information technology) melalui mekanisme komputasi awan yang memungkinkan kita menggunakan ataupun menyewa layanan ICT. Sementara itu, pengelolaan infrastruktur, platform, maupun aplikasi IT services dilakukan oleh penyedia.

Saat ini, Achmad mengatakan, jasa komputasi awan telah menyumbang sekitar US$14 juta untuk Fujitsu, atau setara Rp126 miliar, terutama dari jasa infrastruktur sebagai layanan (Infrastructure-as-a-Service).

"Di masa depan, sebagian besar pendapatan itu akan datang dari jasa konsultasi integrasi dan model-model komputasi awan lainnya," tandas dia.

Dari sisi investasi, Fujitsu mengalokasikan sebagian besar budgetnya untuk data center, termasuk di Tatebayashi Annex dan beberapa titik negara lainnya. Sisa budget akan digunakan untuk transformasi internal, seperti pelatihan dan restrukturisasi bisnis sampai cocok beroperasi di pasar awan. Selain itu, budget juga digunakan untuk pengembangan piranti lunak sebagai layanan (Software-as-a-Service) dengan mitra Microsoft Azure.

Di Asia Tenggara, Fujitsu merogoh kocek investasi sebesar US$38 juta untuk mendirikan platform awan global di Singapura. Dari situ, ia akan melayani seluruh pelanggan komputasi awan di Asia. Platform awan ini merupakan satu dari lima fasilitas serupa yang didirikan Fujitsu di seluruh dunia.

http://www.flucard.blogspot.com

Tidak ada komentar: