Senin, 31 Januari 2011

Suplementasi Vitamin D Mempertahankan Stamina Lanjut Usiahttp://eee

http://www.flucard.blogspot.com
Studi yang dilakukan oleh Dr. Denise Houston serta rekan-rekannya dari Sticht Center on Aging dari Wake Forest University terhadap hubungan status vitamin D dengan fungsi fisik pada kelompok lanjut usia yang relatif sehat dan tinggal di negara bagian Memphis dan Pittsburgh, Amerika. Sebagaimana yang dipresentasikan pada tgl 25 april 1010 sebagai salah satu sesi ilmiah pada program American Society for Nutrition, di acara pertemuan  Experimental Biology 2010 di Anaheim, US.
Studi ini bertujuan untuk menilai kesehatan usia lanjut serta komposisi tubuh yang disebut Health ABC dan dengan menilai hubungan antara  komposisi tubuh, kondisi kesehatan jangka panjang dan mobilitas pada orang dewasa yang lebih tua. Dari sekitar  2788 lanjut usia (rerata usia sekitar 75 tahun) selama  4 tahun. Pada pemulaan studi, mereka diperiksa status vitamin D dengan analisa darah untuk 25-hydroxyvitamin D, suatu prekrusor  untuk mengaktivasi vitamin D. Antara data awal  dan studi selama 2 dan 4 tahun kemudian, tim peneliti menentukan kadar 25-hydroxyvitamin D yang beredar dengan fungsi fisik peserta studi. Secara spesifik, mereka melihat seberapa cepat peserta dapat berjalan cepat pada jarak pendek  atau sekitar 6 meter dan bangkit/ bangun dari kursi sebanyak 5 kali sebaik mereka menjaga keseimbangan dari posisi duduknya. Selain itu, setiap peserta dikenakan test yang berkaitan dengan stamina dan kekuatan (endurance & strength).
Berdasarkan  analisa secara tabulasi, para peserta yang memiliki kadar tertinggi  25-hydroxyvitamin D mempunyai fungsi fisik yang lebih baik, walaupun dari fungsi fisik yang sudah menurun dibandingkan dengan awal penelitian, namun tampaknya fungsi fisik dan stamina dengan kadar yang lebih tinggi tetap menghasilkan perbaikan. Secara umum,  konsumsi vitamin D yang cukup akan mempertahankan fungsi stamina yang lebih baik pada orang lanjut usia.

http://www.flucard.blogspot.com

Tidak ada komentar: