Senin, 24 Januari 2011

Penyakit Alzheimer’s

Mungkinkah Itu Alzheimer’s?

Adalah normal bagi orang yang kita cintai menjadi sedikit pelupa dengan bertambahnya usia mereka. Jadi bagaimana kita bisa memisahkan "momen senior" tidak berbahaya dari masalah yang lebih serius seperti penyakit Alzheimer’s? Satu dari delapan orang yang berusia 65 tahun atau lebih memiliki bentuk demensia yang merusak. Pada tahap pertama, Alzheimer’s mungkin tidak jelas bagi teman-teman dan keluarga. Tapi ada beberapa tanda-tanda peringatan dini yang bisa dilihat.

Tanda Peringatan : Memori dan Ucapan

Dalam Alzheimer
’s tahap awal kenangan jangka panjang biasanya tetap utuh sedangkan memori jangka pendek menjadi samar. Orang yang Anda cintai mungkin lupa akan ucapan Anda. Dia dapat mengulangi pertanyaan yang telah dijawab. Penyakit ini juga mengganggu pidato, jadi pasien mungkin berjuang untuk mengingat kata-kata yang umum.

Tanda Peringatan : Perilaku

Selain kehilangan memori, Alzheimer
’s dapat menyebabkan kebingungan dan perubahan perilaku. Orang yang Anda cintai bisa tersesat di tempat-tempat akrab. Perubahan suasana hati dan penilaian yang buruk juga adalah umum, seperti kebersihan yang jelek. Orang-orang yang berpakaian dengan gaya mungkin mengambil jalan untuk memakai pakaian dan rambut yang kotor.

Jangan Abaikan Sinyalnya

Meskipun sulit untuk menghadapi kemungkinan bahwa orang yang kita cintai
mungkin menderita Alzheimer’s, lebih baik Anda lebih cepat berkonsultasi dengan dokter daripada nanti. Pertama, diagnosis mungkin samasekali bukan Alzheimer’s. Gejala-gejala mungkin disebabkan oleh masalah yang sangat bisa diobati, seperti ketidakseimbangan tiroid. Dan jika itu adalah Alzheimer’s, perawatan saat ini bekerja dengan baik ketika mereka digunakan pada tahap awal penyakit ini.

Mendiagnosa Alzheimer’s

Tidak ada tes sederhana untuk Alzheimer
’s, sehingga dokter akan bergantung pada Anda untuk menjelaskan perubahan pada orang yang Anda cintai. Sebuah tes status mental, kadang-kadang disebut sebagai " mini-cog," atau tes skrining lainnya dapat membantu mengevaluasi fungsi mental pasien dan memori jangka pendek. Selain itu, pengujian neurologis dan scan otak dapat digunakan untuk menyingkirkan masalah-masalah lain, seperti stroke atau tumor - dan mereka dapat membantu memberikan informasi lain tentang otak. 

Alzheimer’s dan Otak

Penyakit Alzheimer
’s menyebabkan kematian sel saraf dan kehilangan jaringan di seluruh otak. Sebagai penyakit ini berlangsung, jaringan otak menyusut dan ventrikel (ruang dalam otak yang berisi cairan serebrospinal) menjadi lebih besar. Kerusakan itu mengganggu komunikasi antara sel-sel otak, melumpuhkan memori, pidato, dan pemahaman. 

Tolak Ukur Alzheimer’s: Apa yang Diharapkan

Penyakit Alzheimer’s mengambil jalan yang berbeda dalam setiap pasien. Pada beberapa orang gejala dapat memburuk dengan cepat, menyebabkan hilangnya daya ingat yang parah dan kebingungan dalam kurun waktu beberapa tahun. Di lain pihak, perubahan mungkin lebih bertahap dengan penyakit ini yang mengambil masa 20 tahun untuk minumbulkan efeknya. Lama rata-rata yang bertahan hidup setelah diagnosis Alzheimer’s adalah tiga sampai sembilan tahun.
Bagaimana Alzheimer's Mempengaruhi Kehidupan Harian 

Karena Alzheimer
’s mempengaruhi konsentrasi, pasien mungkin kehilangan kemampuan untuk mengelola tugas-tugas biasa seperti memasak atau membayar tagihan. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang sering mengalami kesulitan mengatur keuangan adalah salah satu dari dampak awal Alzheimer’s. Sebagai gejala memburuk, orang yang Anda cintai mungkin tidak mengenali orang yang dikenal atau tempat. Dia mungkin akan tersesat dengan mudah, atau menggunakan peralatan dengan tidak benar, seperti menyisir rambut dengan garpu. Inkontinensia, masalah keseimbangan, dan hilangnya bahasa adalah umum pada tahap lanjutan.

Alzheimer’s dan Mengemudi

Koordinasi yang jelek, hilangnya memori, dan kebingungan menjadi kombinasi yang berbahaya di belakang kemudi. Jika Anda merasa orang yang Anda cintai tidak boleh mengemudi, jelaskan mengapa. Jika ia tidak mau mendengarkan, minta dokter untuk membantu. Jika pasien masih bersikeras ingin mengemudi, hubungi Departemen Kendaraan Bermotor untuk penilaian. Kemudian membuat rencana transportasi alternatif untuk orang yang Anda kasihi bila dibutuhkannya.

Alzheimer’s dan Latihan

Olahraga dapat membantu
penderita Alzheimer’s dalam mempertahankan beberapa kekuatan otot dan koordinasi. Ini juga dapat meningkatkan suasana hati dan dapat mengurangi kecemasan. Periksa ke dokter pasien untuk mempelajari jenis latihan yang sesuai. kegiatan berulang, seperti berjalan, penyiangan, atau bahkan melipat cucian mungkin yang paling efektif untuk mempromosikan rasa tenang.

Pengobatan Alzheimer’s

Tidak ada obat untuk penyakit Alzheimer
’s, dan tidak ada cara yang diketahui untuk memperlambat kerusakan saraf dalam otak. Tetapi ada berbagai obat yang muncul untuk membantu mempertahankan fungsi mental dan memperlambat perkembangan penyakit. Jika pengobatan ini diberikan pada tahap awal Alzheimer’s, Orang yang  Anda kasihi mungkin dapat tetap independen dan melaksanakan tugas-tugas sehari-hari untuk jangka waktu yang lebih lama.

Peran Pengasuh  

Sebagai wali dari seseorang
yang menderita penyakit Alzheimer, Anda mungkin akan memakai topi yang banyak – sebagai pemasak, sopir dan akuntan. Meskipun Anda mungkin harus menangani perencanaan makanan dan keuangan, mendorong pasien untuk melakukan beberapa kegiatan secara mandiri. Ini dapat membantu dengan memberi label pada kabinet mereka dan memasang catatan pengingat yang dilengketkan untuk tugas sehari-hari. Pastikan membeli kotak pil mingguan untuk pengobatan.

Tantangan Dalam Perhatian

Pada tahap awal Alzheimer
’s, pasien sering memahami apa yang terjadi dan mungkin malu atau cemas. Perhatikan tanda-tanda depresi karena ini sering dapat diatasi dengan pengobatan. Pada tahap-tahap lebih lanjut, orang yang Anda cintai mungkin menjadi paranoid atau melakukan kekerasan dan bahkan bisa berbalik pada Anda. Ingat bahwa penyakit ini bertanggung jawab atas perubahan ini. Beritahukan kepada dokter tentang perilaku kekerasan tersebut dengan segera.

Sindrom Sundown

Sebagian
penderita Alzheimer’s menjadi tertekan ketika matahari terbenam. agitasi ini cenderung hingga malam hari dan kadang-kadang sepanjang malam.Penyebabnya tidak diketahui, tetapi ada beberapa strategi untuk meredakan ketegangan ini. Jaga rumah tetap cukup terang dan tutup tirai sebelum matahari terbenam. Cobalah mengalihkan perhatian pasien dengan aktivitas favorit atau acara TV. Dan membatasi kafein setelah sarapan.

Kapan Orang yang Anda Cintai Tidak Mengenal Anda

Banyak
penderita Alzheimer’s mengalami kesulitan mengingat nama - bahkan pada anggota keluarga dekat. Perbaikan sementara adalah dengan memasang foto teman dan keluarga dengan nama yang dicetak di bawahnya. Secepatnya, mungkin pasien tidak lagi mengenali wajah dan dapat bereaksi terhadap orang yang dicintai seakan-akan mereka adalah orang asing. Hal ini dapat menjadi saat yang menyedihkan bagi anggota keluarga, terutama pengasuh utama.
Tanda Peringatan Sebagai Pengasuh yang Stres

Merawat seseorang dengan penyakit Alzheimer
berat secara fisik dan mental. Tanda-tanda pengasuh yang stres meliputi:
   
·         Kemarahan, kesedihan, dan mood yang berubah-ubah.
·         Sakit kepala atau sakit punggung.
·         Kesulitan berkonsentrasi.
·         Kesulitan tidur.

Merawat Pengasuh

Untuk menghindari
amukan sebagai pengasuh, pastikan bahwa Anda melakukan sesuatu yang Anda nikmati setidaknya beberapa menit setiap hari. Tetap berhubungan dengan teman dan melakukan hobi Anda bila memungkinkan. Cari teman atau saudara untuk menjadi orang yang mendukung Anda. Anda juga dapat bergabung dengan sebuah online atau kelompok pendukung pengasuh lokal melalui asosiasi Alzheimer's.

Dokumen Penting

Sementara
orang yang Anda cintai masih mampu membuat keputusan penting, hubungi pengacara tentang konsep penyusunan lanjutan. Ini adalah dokumen hukum yang menguraikan preferensi pasien untuk perawatan medis dan perawatan akhir masa hidup. Pasien harus menunjuk seseorang untuk membuat keputusan perawatan kesehatan dan mengelola keuangan atas nama nya. Hal ini dapat menghindari kebingungan ketika seseorang yang Anda cintai tidak lagi dapat menyatakan keinginan nya.

Perawatan Kesehatan di Rumah
Banyak pasien yang menyatakan keinginan untuk tinggal di rumah mereka sendiri selama mungkin. Sayangnya, mereka mungkin mengalami kesulitan dalam berpakaian atau menggunakan kamar mandi sendiri stelah menderita penyakit. Seorang perawat kesehatan di rumah dapat membantu untuk kebersihan pribadi dan tugas-tugas sehari-hari lainnya. Anda juga dapat mencari dalam pelayanan lokal yang memberikan makanan atau menyediakan transportasi untuk orang tua. Kebanyakan komunitas memiliki Badan Area bagi manula dengan menyediakan layanan tersebut.

Fasilitas Bantuan Tempat Tinggal

Mungkin
ada saatnya ketika orang yang Anda cintai tidak dapat lagi dirawat di rumah. Jika ia tidak membutuhkan perawatan perawat selama 24 jam, fasilitas bantuan tempat tinggal bisa menjadi pilihan yang tepat. ALF menyediakan perumahan, makanan, dan aktivitas, tetapi jauh lebih murah daripada rumah jompo. Carilah fasilitas dengan unit perawatan khusus Alzheimer’s, yang memberikan pengawasan 24-jam dan perawatan pribadi untuk memenuhi kebutuhan orang-orang dengan demensia.

Tahap Akhir Alzheimer’s

Orang dengan Alzheimer
lanjutan mungkin kehilangan kemampuan untuk berjalan, berbicara, atau merespon orang lain. Pada akhirnya, penyakit ini dapat menghambat fungsi-fungsi penting, seperti kemampuan menelan. Pasien dalam tahap ini dapat mengambil manfaat dari perawatan rumah perawatan, yang memberikan obat penghilang rasa nyeri dan kenyamanan bagi orang sakit parah.

Membantu Mengatasi Anak

Anak-anak mungkin merasa bingung, takut, atau bahkan marah ketika seorang anggota keluarga
mereka dipengaruhi oleh Alzheimer’s. Biarkan anak-anak tahu bahwa perasaan ini adalah normal dan menjawab pertanyaan-nya tentang penyakit ini dengan jujur. Membantu anak merayakan kenangan indah dari pasien - sebagai contoh, dengan menciptakan scrapbook.

Mengurangi Risiko Alzheimer’s Anda

Jika Anda merawat
anggota keluarga dengan Alzheimer’s, Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko Anda sendiri. Penelitian pada area ini masih berlangsung, tapi diet dan latihan adalah kuncinya. Studi menunjukkan resiko yang lebih rendah antara orang-orang yang makan diet Mediterania yang kaya dalam sayuran, ikan, dan kacang-kacangan. Penelitian juga menunjukkan orang-orang yang paling aktif secara fisik adalah yang paling sedikit kemungkinan untuk mendapatkan Alzheimer’s
.

http://www.flucard.blogspot.com

Tidak ada komentar: