Jumat, 07 Januari 2011

15 Gejala Kanker Yang Diabaikan Perempuan

http://www.flucard.blogspot.com

 



Perempuan cenderung lebih waspada daripada laki-laki tentang mendapatkan rekomendasi pemeriksaan kesehatan dan skrining kanker, menurut studi dan para pakar.

Mereka umumnya lebih bersedia, juga, untuk mendapatkan gejala yang yang berpotensi dan mengkhawatirkan dari hasil pemeriksaan, kata Mary Daly, MD, oncologist dan ketua dari departemen clinical genetics di Fox Chase Cancer Center, Philadelphia.

Tetapi tidak selalu. Perempuan yang lebih muda, misalnya, cenderung mengabaikan gejala-gejala yang bisa mengarah ke kanker. "Mereka memiliki pikiran bahwa kanker adalah masalah orang yang lebih tua," Daly memberitahukan kepada WebMD. Dan mereka sering kali benar, tetapi banyak anak-anak muda menderita kanker juga.

Tentu saja, beberapa perempuan sama seperti laki-laki ketika berada pada peralihan ke mode penyangkalan. "Ada orang yang dengan sengaja mengabaikan gejala kanker mereka," kata Hannah Linden, MD, seorang onkologi medis. Dia adalah anggota asosiasi gabungan dari Fred Hutchinson Cancer Research Center dan profesor kedokteran di University of Washington School of Medicine, Seattle. Biasanya menyangkal, tetapi tidak selalu, katanya. "Bagi beberapa orang, terdapat keyakinan budaya bahwa kanker tidak dapat disembuhkan, jadi mengapa pergi ke sana."  

Berbicara tentang gejala yang mengkhawatirkan tidak boleh membuat orang bereaksi berlebihan, kata Ranit Mishori, MD, seorang asisten profesor kedokteran keluarga di Georgetown University School of Medicine di Washington, DC "Saya tidak mau memberi kesan kepada orang bahwa mereka harus mencari setiap hal kecil, "katanya.

Dengan keseimbangan yang sehat antara penolakan dan kesedihan didalam pikiran, WebMD meminta para ahli untuk membicarakan tentang gejala-gejala yang mungkin secara tidak segera membuat seorang wanita khawatir tentang kanker, tetapi itu harus diperiksa. Baca terus 15 kemungkinan gejala kanker yang sering diabaikan wanita.



No 1 : Kehilangan Berat Badan Yang Tidak Jelas

Banyak wanita akan senang sekali dapat menurunkan berat badan tanpa berusaha. Tetapi penurunan berat badan yang tidak jelas - misalnya turun 10 kilogram dalam sebulan tanpa latihan atau penurunan dalam asupan makanan – harus segera diperiksa, kata Mishori.

"Penurunan berat badan yang tidak jelas adalah kanker kecuali jika terbukti bukan," katanya. Bisa jadi, tentu saja, ternyata disebabkan oleh kondisi lainnya, seperti tiroid yang terlalu aktif.

Mengharapkan dokter Anda untuk menjalankan tes untuk memeriksa tiroid dan mungkin juga meminta Anda untuk melakukan  CT scan berbagai organ. Dokter perlu "mengesampingkan kemungkinan, satu per satu," kata Mishori.



No 2 : Kembung

Kembung sudah begitu umum bahwa banyak perempuan hidup dengannya. Tetapi itu bisa menunjukkan adanya kanker ovarium. Gejala lain kanker ovarium meliputi nyeri perut atau nyeri panggul, merasa kenyang dengan cepat - bahkan ketika Anda tidak makan banyak - dan masalah perkencingan, seperti memiliki kebutuhan mendesak untuk pergi ke kamar mandi.

Jika kembung terjadi hampir setiap hari dan bertahan selama lebih dari beberapa minggu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda. Mengharapkan dokter Anda untuk mengambil sejarah kesehatan dengan teliti dan meminta untuk dilakukan CT scan dan tes darah, antara lain.

 


No 3 : Perubahan Pada Payudara


Kebanyakan wanita mengenal payudara mereka dengan baik, bahkan jika mereka tidak melakukan pengujian diri secara reguler, dan tahu caranya untuk mencari bila ada benjolan. Tetapi itu bukan satu-satunya gejala yang bisa mengarah ke kanker payudara. Kemerahan dan penebalan kulit pada payudara, yang mana dapat menunjukkan namun sangat jarang bentuk agresif dari kanker payudara, peradangan kanker payudara, juga perlu untuk diperiksa, kata Linden. "Jika Anda memiliki ruam yang bertahan selama berminggu-minggu, Anda harus mendapatkannya dievaluasi," katanya.

Demikian juga, jika melihat adanya perubahan pada puting, atau jika Anda melihat adanya pelepasan (dan bukan saat menyusui), periksakan ke dokter Anda. "Kalau itu keluar secara normal dan ternyata masuk kedalam," katanya, itu bukan pertanda yang baik. "Jika puting anda terbalik secara kronis, itu bukan masalah besar. "Jika adanya perubahan penampilan maka itu dapat menjadi gejala yang mengkhawatirkan.

Jika Anda memiliki perubahan pada payudara, mengharapkan dokter Anda untuk mengambil sejarah kesehatan dengan teliti, dengan memeriksa payudara, dan meminta untuk dilakukan tes seperti mamografi, USG, MRI, dan mungkin biopsi.

 


No 4 : Antara - Pendarahan Karena Haid atau Pendarahan Yang Tidak Jelas


''Perempuan premenopausal cenderung mengabaikan antara period bleeding, "kata Daly. Mereka juga cenderung mengabaikan perdarahan dari saluran GI, secara keliru berpikir bahwa itu berasal dari haid mereka. Tetapi antara period bleeding, terutama jika anda biasanya teratur, lebih baik dilakukan pemeriksaan, katanya. Begitu juga pendarahan setelah menopause, karena mungkin itu gejala dari kanker endometrium. Pendarahan GI mungkin gejala dari kanker kolorektal.

Memikirkan tentang apa yang normal bagi anda, kata Debbie Saslow, PhD, director of breast and gynecologic cancer at the American Cancer Society in Atlanta. "Jika seorang wanita tidak pernah memperhatikan [antara masa haid] dan kemudian dia memperhatikannya, bahwa itu tidak normal baginya. Ataupun bagi orang lain, mungkin dia tidak akan memperdulikannya."

"Kanker endometrium adalah kanker ginekologis yang umum," kata Saslow. "Setidaknya tiga perempat yang mendapatkannya memiliki perdarahan yang tidak biasa sebagai tanda awal."

Dokter akan mengambil sejarah kesehatan Anda dengan teliti dan, tergantung pada waktu pendarahan dan gejala lain, mungkin akan meminta Anda untuk dilakukan ultrasound atau biopsi.



No 5 : Perubahan Pada Kulit


Kebanyakan dari kita tahu untuk mencari setiap perubahan pada tahi lalat - sebagai tanda dari kanker kulit yang sudah sangat dikenal. Tetapi kita juga harus mengawasi perubahan pada pigmentasi kulit, kata Daly.

Jika Anda tiba-tiba mengembangkan perdarahan pada kulit atau dalam skala yang berlebihan, itu harus diperiksa juga, katanya. Sulit untuk mengatakan berapa lama terlalu panjang untuk mengamati perubahan pada kulit sebelum Anda pergi ke dokter, tapi kebanyakan ahli mengatakan tidak lebih dari beberapa minggu.


No 6: Kesulitan Untuk Menelan


Jika Anda memiliki kesulitan menelan, Anda mungkin sudah menggantikan makanan sehingga tidak begitu sulit untuk dikunyah, mungkin beralih ke sup atau makanan cair seperti protein shake.

Tetapi kesulitan itu dapat menjadi tanda dari kanker GI, seperti di kerongkongan, kata Leonard Lichtenfeld, MD, wakil kepala medis di American Cancer Society.

Mengharapkan dokter Anda untuk mengambil sejarah kesehatan Anda dengan teliti dan meminta Anda untuk melakukan tes seperti sinar-X dada atau pemeriksaan saluran GI.

 


No 7 : Pendarahan Ditempat Yang Salah


Jika Anda melihat darah dalam air seni atau tinja Anda, jangan menganggap itu dari wasir, kata Mishori. "Itu bisa dari kanker usus besar."

Mengharapkan dokter Anda untuk mengajukan pertanyaan dan mungkin untuk melakukan pengujian seperti kolonoskopi, sebuah pengujian kolon untuk mencari kanker.

Melihat darah di toilet sebenarnya bisa jadi dari vagina jika seorang wanita sedang haid, kata Mishori. Tetapi jika bukan, itu harus diperiksa untuk memastikan apakah dari kandung kemih atau kanker ginjal, katanya.

Batuk darah juga harus dievaluasi. Satu kejadian seperti darah pada tempat yang salah mungkin tidak menunjukkan apa-apa, kata Mishori, tetapi jika hal itu terjadi lebih dari sekali, maka segera pergi menemui dokter.

 


No 8: Sakit Yang Mengigit Dibagian Perut dan Depresi


Setiap wanita yang mempunyai rasa sakit dibagian perut dan merasa depresi memerlukan pemeriksaan kesehatan, kata Lichtenfeld. Beberapa peneliti telah menemukan bahwa adanya hubungan antara depresi dan kanker pankreas, tetapi hubungan itu sangat lemah.

 


No 9: Gangguan Pencernaan


Wanita yang pernah hamil mungkin masih ingat akan gangguan pencernaan yang terjadi saat berat badan mereka bertambah. Tetapi gangguan pencernaan tanpa alasan yang jelas mungkin sebagai bendera merah (peringatan terakhir).

Ia mungkin bisa sebagai petunjuk awal dari kanker kerongkongan, perut, atau tenggorokan.

Mengharapkan dokter Anda untuk memeriksa sejarah kesehatan dengan teliti dan bertanya tentang pencernaan sebelum memutuskan tes apa yang harus dilakuakn, jika ada.

 


No 10 : Perubahan Pada Mulut


Terutama bagi perokok harus waspada untuk setiap bercak putih di dalam mulut atau bintik-bintik putih pada lidah, menurut American Cancer Society. Keduanya dapat menunjuk pada sebuah kondisi prakanker yang disebut leukoplakia yang dapat berkembang menjadi kanker mulut.

Tanyakan kepada dokter gigi atau dokter untuk melihat dan memutuskan apa yang harus dilakukan berikutnya.

 


No 11 : Rasa Sakit


Seperti orang aging mereka tampaknya lebih sering mengeluhkan berbagai rasa sakit dan nyeri, tetapi rasa sakit, seperti samar-samar dan mungkin ada, juga dapat merupakan gejala awal dari suatu kanker, meskipun kebanyakan keluhan nyeri bukan berasal dari kanker.

Rasa sakit yang bertahan dan tidak dapat dijelaskan perlu untuk diperiksa. Mengharapkan dokter Anda untuk mengambil sejarah kesehatan dengan cermat, dan berdasarkan informasi memutuskan pengujian apa lebih lanjut, jika ada, sangat diperlukan.

 


No 12 : Perubahan Dalam Kelenjar Getah Bening


Jika Anda melihat adanya benjolan atau pembengkakan pada kelenjar getah bening di bawah ketiak atau didalam leher Anda - atau di mana pun - itu mungkin mengkhawatirkan, Linden mengatakan.

"Jika Anda memiliki kelenjar getah bening yang semakin membesar, dan itu [telah] berlangsung lebih dari sebulan, pergi ke dokter," katanya. Dokter akan memeriksa dan mengetahui masalah yang terkait (seperti infeksi) itu dapat menjelaskan bahwa terdapat pembesaran kelenjar getah bening.

Jika tidak ada, dokter Anda biasanya akan meminta Anda untuk di biopsi.



No 13 : Demam


Jika anda mengalami demam yang tidak dapat dijelaskan seperti influenza atau infeksi lainnya, hal itu bisa menunjukkan adanya kanker. Demam lebih sering terjadi setelah kanker sudah menyebar dari situs aslinya, tetapi ia bisa juga menunjukkan sebagai tanda awal dari kanker darah seperti leukemia atau limfoma, menurut American Cancer Society.

Gejala kanker lain dapat termasuk sakit kuning, atau perubahan warna tinja.

Mengharapkan dokter untuk melakukan pemeriksaan fisik dengan cermat dan mengambil riwayat medis Anda, dan kemudian memerintahkan untuk melakukan tes seperti sinar-X dada, CT scan, MRI, atau tes lain, tergantung pada temuannya.




No 14 : Kelelahan


Kelelahan adalah gejala yang tidak jelas lain yang bisa menunjukkan adanya kanker – sama seperti induk dari sejumlah masalah lainnya. Hal ini dapat terjadi setelah kanker sudah tumbuh, tetapi itu mungkin juga terjadi dalam awal kanker tertentu, seperti leukemia atau dengan beberapa kanker kolon atau kanker lambung, menurut American Cancer Society.



No 15 : Batuk Akut


Batuk yang disertai pilek, flu, alergi, dan kadang-kadang adalah akibat dari efek samping obat. Tetapi untuk batuk yang sangat berkepanjangan - didefinisikan sebagai yang berlangsung lebih dari tiga atau empat minggu - tidak boleh diabaikan, kata Mishori .

Anda akan mengharapkan bahwa dokter Anda akan memperhatikan sejarah kesehatan Anda dengan cermat, memeriksa tenggorokan Anda, periksa fungsi paru-paru Anda dan mungkin meminta Anda untuk melakukan X-ray, terutama jika Anda adalah seorang perokok.

http://www.flucard.blogspot.com

Tidak ada komentar: