Minggu, 23 Januari 2011

17 Juta Komputer Tablet Dipasarkan di 2010

http://www.flucard.blogspot.com


International Data Corporation (IDC) melaporkan bahwa komputer tablet secara global tumbuh 45,1 persen sepanjang kuartal ketiga tahun 2010. Pertumbuhan ini didorong permintaan Apple iPad yang kian tinggi.

Menurut data terbaru IDC, sepanjang kuartal ketiga, para vendor telah mengapalkan 4,8 juta unit komputer tablet secara global, dibandingkan 3,3 juta unit pada kuartal kedua. Dan, Apple iPad menguasai hampir 90 persen di antaranya.

Tingginya popularitas komputer tablet di kalangan konsumer secara global tak hanya didorong oleh adopsi media tablet, tetapi juga pembaca buku elektronik (e-reader).

"Evolusi pasar media tablet yang cepat berlanjut di kuartal akhir tahun lalu, di tambah dengan sejumlah produk baru, munculnya layanan tambahan, ekspansi jaringan pemasaran, dan kompetisi harga yang ketat," kata Susan Kevorkian, direktur riset Mobile Connected Devices di IDC, dikutip VIVAnews dari Cellular News, Rabu 19 Januari 2011.

Sekadar diketahui, IDC mendefinisikan komputer tablet sebagai perangkat media tablet dengan layar lebih besar dari lima inci dan lebih kecil dari 14 inci serta mempunyai sistem operasi ringan, seperti Apple iOS dan Google Android. Ia juga beroperasi dengan prosesor ARM atau x86.

IDC memperkirakan pasar media tablet mengakhiri tahun 2010 dengan penjualan nyaris 17 juta, dan diramalkan akan melonjak hingga 44,6 juta unit pada akhir tahun 2011. Sementara di 2012, lembaga riset itu memproyeksi penjualan media tablet akan mencapai 70,8 juta unit.

Pertumbuhan pesat yang dimulai tahun depan dan seterusnya didorong oleh banyaknya vendor perangkat yang merilis media tablet berbasis Android atau sistem operasi lain. Dampaknya langsung berimbas pada harga yang kompetitif.

http://www.flucard.blogspot.com

Tidak ada komentar: