Senin, 21 Maret 2011

Ancaman Hujan asam Jepang mengalahkan AS & Australia


Hujan Asam, berikut beberapa pertanyaan terkait hujan asam / acid rain berdasarkan ensiklopedia dunia maya "wikipedia"

1. Dimanakah hujan asam tertinggi di dunia?
hujan asam tertinggi ada di wilayah California Amerika dan Australia

2. Manakah wilayah yang paling rendah hujan asam nya?
Brazil, karena jerapah masih berkeliaran

3. Negara manakah yang paling besar merasakan dampak hujan asam?
sepertiga wilayah di china


Namun sejak terjadinya ledakan beberapa reaktor nuklir di Jepang (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir) media di dunia mulai berspekulkasi bahwa Jepang akan menjadi negara yang menghasilkan hujan asam tertinggi dalam waktu dekat ini.

KOMPAS.com – Ledakan di instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi, Jepang, sempat memicu beredarnya kabar bohong, yaitu hujan asam bakal menerjang wilayah searah barat daya Jepang sampai 5.000 kilometer. Kabar bohong teratasi, kekhawatiran lain muncul, yaitu hujan asam menjadi bayang- bayang dilema penutupan PLTN.

JAKARTA - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Jepang mengingatkan kepada seluruh WNI, untuk mengantisipasi adanya hujan asam. Kondisi ini menyusul adanya ledakan di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima, Jepang, beberapa saat lalu. "Kemungkinan hujan asam persiapkan jaket dan payung," demikian informasi KBRI Jepang, seperti dikutip Sabtu (12/3/2011).

TED Case Studies, Japan Air Pollution : Acid Rain has been a constant threat to the world's environment
since the age of industrialization...
...Japan's laws and regulations when it comes to the emission of
sulfur dioxide (SO2) and oxides such as nitrogen (NOX) that cause
rain to acidify "are among the strictest in the world."

Ada pro, pasti ada juga kontra. Banyak juga yang mengatakan bahwa hujan asam itu hanya cerita bohong dan belum jelas kepastiaannya secara ilmiah

United Nation - As soon as the devastating earthquake hit Japan on Friday, damaging the Fukushima nuclear plant located 250 kilometers (160 miles) northeast of Tokyo, the IAEA made a formal offer of assistance to the government. The giant nuclear plant of Fukushima was damaged by the quake, with two explosions hitting separate reactor units there. But "the reactor vessels have held and radioactive release is limited," Amano insisted.

Menurut Kepala Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) As Natio Lasman, hujan asam tidak mungkin terjadi akibat proses reaksi nuklir. Hujan asam juga kecil kemungkinannya akibat ledakan hidrogen di instalasi PLTN Fukushima. Oleh karena itu, As Natio memastikan bahwa hujan asam sebagai dampak ledakan di instalasi PLTN Fukushima—seperti yang banyak beredar selama ini—sebagai kabar bohong.

Di dunia, saat ini setidaknya tercatat ada 437 reaktor nuklir. Potensi bahaya reaktor nuklir memang besar. Namun, dari 437 reaktor itu, sejauh ini hampir semuanya terbukti mampu dikendalikan.

Kebenarannya masih dalam penelitian. sebenarnya apa sih yang dimaksud hujan asam? berikut penuturan singkatnya saya paparkan;

Fenomena hujan asam mulai dikenal sejak akhir abad 17, hal ini diketahui dari buku karya Robert Boyle pada tahun 1960 dengan judul “A General History of the Air“. Buku tersebut menggambarkan fenomena hujan asam sebagai “nitrous or salino-sulforus spiris“.

Gas yang paling yang mengarah pada pengasaman air hujan adalah belerang dioksida (SO 2). In addition, emissions of nitrogen oxides, which are oxidized to form nitric acid , are of increasing importance due to stricter controls on emissions of sulfur-containing compounds. Selain itu, emisi oksida nitrogen, yang teroksidasi membentuk asam nitrat.


Nah, untuk wilayah indonesia sendir "Pulau Jawa" adalah wilayah yang memiliki tingkat keasaman hujan paling tinggi. dan terendah ada di Pulau kalimantan (alasan mengapa kalimantan merupakan salah satu paru-paru dunia).

http://www.flucard.blogspot.com

Tidak ada komentar: