Selasa, 15 Maret 2011

Legenda Vampir di Pemakaman Highgate

APAKAH Anda salah satu penggemar kisah-kisah fiksi vampir yang terkenal di daratan Eropa? Jika benar, Anda harus mengunjungi Pemakaman Highgate di Swain's Lane, Highgate, saat berlibur ke London.

Dibuka pada 1839, Highgate merupakan salah satu kuburan paling terkenal di London. Di antara makam mengesankan dengan pengaruh Victoria dan Mesir, Anda akan melihat batu nisan Karl Marx, penulis sci-fi Douglas Adams, dan penjahat terkenal yang mungkin menjadi inspirasi untuk nemesis Sherlock Holmes, Profesor Moriarty.

Seiring perjalanannya, pada 1970-an pemakaman Highgate kemudian terkenal sebagai lokasi tradisi lain gothic Inggris yaitu film-film horor. Dengan film ini, publik banyak yang mulai tertarik dengan Highgate dan kisah mengenai vampir di kuburan mulai muncul dalam berita.

Menurut laman atlasobscura.com, sensasi vampir Highgate memuncak dari dua penyihir Farrant dan Manchester pada 1973. Keduanya menyatakan bahwa mereka akan menemukan dan membunuh vampir. Manchester kemudian mengumumkan berburu vampir secara resmi.

Pada hari Jumat tanggal 13, segerombolan pemburu vampir dari seluruh London menyerbu pintu gerbang dan dinding kuburan yang terkunci, meski ada upaya polisi untuk mengendalikan mereka.

Atas aksinya, Farrant kemudian ditangkap dan dipenjara pada 1974 karena merusak pemakaman. Meskipun tidak menemukan vampir, dalam aksi berburunya banyak kuburan yang dirusak dan mayat-mayat di dalamnya dipenggal.

Hingga kini, perdebatan antara Farrant dan Manchester masih berlanjut dan pemakaman masih merupakan lokasi yang populer untuk paranormal dan penggemar vampir. Pemakaman ini sendiri dibagi menjadi dua bagian yaitu timur dan barat.

Pemakaman di bagian timur, buka mulai pukul 10.00-17.00 waktu setempat pada hari kerja sedangkan pada akhir pekan buka pukul 11.00 waktu setempat dengan jam tutup yang sama. Sedangkan pemakaman bagian barat hanya diperuntukkan untuk tur.

Biaya masuk pemakaman di bagian timur sebesar 3 euro (sekitar Rp33 ribu) untuk orang dewasa sedangkan untuk pelajar hanya dikenai 2 euro (sekitar Rp 22 ribu). Untuk pemakaman di bagian barat dikenai biaya masuk 7 euro (sekitar Rp78 ribu) untuk dewasa dan anak-anak usia 8-16 tahun, sebesar 3 euro.

http://www.flucard.blogspot.com

Tidak ada komentar: